Kamis, April 09, 2009

KARBOL AAU FROM BANGKABELITUNG

Setelah melaksanakan sosialisasi penerimaan AAU selama seminggu di Pangkalpinang ternyata belum memperoleh hasil yang memuaskan. Kurangnya animo putra Bangka Belitung mengikuti seleksi menjadi TNI AU masih menjadi permasalahan klasik dalam penyediaan prajurit melalui sub panda Lanud Tanjungpandan. Letak Pulau Belitung yang terhubung dengan Pulau bangka dengan menggunakan kapal cepat selama empat jam, di yakini sangat memberatkan calon siswa dalam  mengikuti seleksi penerimaan AAU di Belitung.

Disamping transportasi yang hanya dapat dilalui satu kali dalam sehari, juga membutuhkan pemondokan atau tempat menginap dan kebutuhan makan. Belum lagi bagi siswa yang belum mampu mandiri maupun belum pernah ke Belitung masih ingin di temani oleh sanak keluarga yang tentu saja akan menambah pengeluaran dana. Sementara hasil pelaksanaan seleksi masih belum pasti akan lulus seleksi sampai dapat masuk mengikuti pendidikan.

Lanud Tanjungpandan pernah menggelar penerimaan prajurit di mess Pemda Belitung di Pangkal pinang pada tahun 2006. Jumlah pendaftar pada saat itu dari kepulauan bangka mencapai 42 orang. Namun dengan konsekuensi personel testor memenuhi kebutuhan akomodasi selama di Bangka. Beruntung pada saat itu Pemerintah Provinsi Bangka Belitung memberi dukungan yang memadai bagi personel Lanud Tanjungpandan, termasuk dukungan dokter di rumah sakit Umum dalam pemeriksaan kesehatan. Hasilnya cukup memuaskan dua orang putra daerah bangka berhasil melewati seleksi yang diadakan di tingkat daerah maupun pusat sehingga dapat mengikuti pendidikan menjadi Karbol Akademi Angkatan Udara di Jogja.

Bila di lihat dari tingginya angka pengangguran saat ini dan sulitnya mencari pekerjaan permasalahan diatas sebenarnya hanya sebagian kecil dari dinamika penjelajahan masa depan untuk memperoleh pekerjaan yang tetap, mapan dan berkualitas. Ada pepatah mengatakan belajarlah sampai kenegri cina. Gantungkanlah cita-citamu setinggi langit. Keberanian putra daerah belitung dalam menjemput bola sedang di pertaruhkan. Begitu banyak alumni  sekolah menengah atas 2007 dan 2008 yang masih memiliki umur dibawah 22 tahun namun tidak (tidak mau/tidak berani/tidak tahu) memanfaatkan peluang yang ada.

Lanud Tanjungpandan masih menanti...  siapa putra daerah yang siap menjadi duta Bangka Belitung dalam Formasi Tentara Nasional Indonesia Angkatan Udara. Putra daerah lain siap mengisi kesempatan yang ada, bila putra negri Bumi Serumpun Sebalai ini masih terlena dengan timahnya yang kaya dan buminya yang subur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar